Biaya jalan-jalan ke Myanmar

Jadi gue itu kaga sempet nukerin usd, untungnya gue punya atm debit biasa dari Bank Australia yang berlogo mastercard. Ini gue salut sama Ausi ya, mudah akses bank dan kartu atmnya juga udah bisa dipake transaksi international. 

Ok berangkatlah gue ke myanmar dengan membawa Rp. 500.000 dan $AUD 100 doang. Gue khawatir gimana nanti atm myanmar, gue berpikir kalau negara ini masih terbelakang. Pas gue nyaMpe airport ternyata bagus men atmnya, dia menerima semua jenis kartu, tertera di mesin mereka logo -logo yang diterima, seperti ; visa, mastercard, dll.

Gue tariklah dulu 200.000 kyat. Gue liat aplikasi bank di hape gue. Ini gue salut juga, gampang banget buat gue transaksi via aplikasi bank di hape. Kaga nyusahi banget. Ternyata untuk penarikan 200.000 kyat itu jadi $aud 225 an. Padahal jika liat di aplikasi currency itu kaga segitu men, cuma $216. Ok gue pikir mungkin itu include fee. Gue kaga ngecek lagi transaksi tabungan gue. Buat apa, udah kaga nerima gaji ausi lagi.
Gue narik untuk ke dua kalinya 200.000 kyat lagi dan hampir sama. Nah gue baru ngeh pas mau pulang men dan gue cek berapa duit untuk penukaran itu. Ternyata gue baru sadar ada transaksi di atas setelah penarikan sekitar $11 men.. Wah lumayan juga dua kali transaksi sudah $22. Belum lagi kurs nya juga lebih tinggi daripada nilai di aplikasi currency.. Jika harusnya untuk 200.000 kyat itu 216 tapi yang terpotong $225, lumayan bedanga $9 ditambah fee pengampilan $11 udah $20 sendiri men, dan gue lakukam 2 kali,, wah rugi gue… 


Jadi biaya perjalanan gue lumayan mahal, mending tuker duit di Indonesia deh. Total duit yang gue abisin emang 370.000 kyat doang sih, tapi kalau dikurskan sekitar 4,5 juta. Jadi mending pinter – pinter dalam kurs deh. Yang tadinya gue udah seneng karena atm gue menggampangkan, tapi kalau bisa lebih smart, lebih nguntungin dong.

Selama 12 hari gue di Myanmar kurang lebih 350.000 kyat men, gue banyak minum minuman kaleng, makan juga sering ke resto, ya standar sih harganya kurang lebih 5000 kyat sekali makan, trus gue juga udah nulis cara hemat di beberapa kota, mungkin bisa ngurangin biaya jalan-jalanya.

Written by Arip Hidayat

Saya suka belajar banyak hal, asik buat ngobrol, royal, suka ketawa.

Leave a Reply

