Info Dasar Work and Holiday di Australia

Work and holiday di Australia sekarang lagi booming nih, banyak anak muda yang mulai melirik jenis visa yang diberikan pemerintah Australia ini. sebagian lagi masih berpikir untuk mendapatkan visanya karena mereka pikir pekerjaan yang dilakukan adalah pekerjaan rendahan dan gengsi dong. Tergantung pola pikir sih bro menurut gue, kalau kamu anak muda yang aktif dan suka akan tantangan, visa ini menurut gue bagus, karena mudah untuk didapatkan dan juga bisa belajar banyak hal dengan bekerja atau tinggal di negara Australia selama setahun, bahkan bisa dua tahun untuk sekarang.

Sebelum lebih jauh membaca, umumnya, dengan visa ini kita bisa bekerja semau dan semaksimal mungkin pada bidang casual job. tidak menutup kemungkinan buat kamu juga mendapatkan pekerjaan profesional seperti yang diinginkan. Namun jangan terlalu hopeful karena tidak semua pekerjaan diberikan kepada pemegang WHV, sehingga jangan merasa gengsi atau malu mengerjakan kerjaan casual (pekerjaan kaya pembantu).

Sudah tertarik kah mengenai WHV. ok tadi gue sudah mengatakan bahwa untuk apply visa ini mudah sekali, bahkan kesempatan untuk grantednya itu 98%. jadi bagi kamu yang merasa bisa memenuhi semua persayaratanya, tinggal ikutin prosesnya dan tunggu visanya granted.

Banyak banget yang bertanya kepada gue, bahkan yang paling gereget adalah ketika bertanya benar-benar dari awal. misalnya: Kak, aku pengen WHV an, kira-kira aku harus ngapain ya kak? menurut gue lebih baik kamu pergi ke sungai dan berendam di sana tengah malam. men, di zaman secanggih ini, tidak bisakah kalian mengetik WORK AND HOLIDAY di kotak pencarian semacam google kah? okeh gue pun mau berbaik hati nih nulis lagih.

Sebelum membaca lebih jauh juga, ada beberapa persyaratan yang menurut sebagian orang itu agak chalenging ya, seperti; harus adanya bukti memiliki uang sekitar Rp. 50,000,000. telah kuliah minimal 4 semester dan memiliki skor Ielts minimal 4,5. persayaratan ini tidak bisa dikesampingkan, mau tidak mau harus dilengkapi jika ingin visanya granted.

Berikut langkah-langkah yang bisa menjadi panduan.

  1. Baca-baca apa itu work and holiday, pengalaman orang lain mengenai work and holiday di Australia, apapun pokoknya yang berkaitan dengan work and holiday baca saja.
  2. gabung dengan grup yang ada kaitanya dengan work and holiday. inget biar kaga keliatan bego, jangan mengulang pertanyaan yang dasar dan banyak ditanyakan oleh orang lain. jangan karena lagi semangat atau antusias terus posting seolah lagi pengen banget nih whv an.
  3. Buka website Dirjen Imigrasi Indonesia, pilih kategori rekomendasi visa bekerja dan berlibur. disitu terdapat informasi general, spesifik mengenai syarat yang harus dipenuhi, map bagaimana proses mendapatkan surat rekomendasi WHV, jadwal wawancara beserta list nama orang yang dipanggil wawancara setelah mendaftar, dan list siapa yang mendapatkan WHV setelah wawancara. paling cepet dalam proses ini adalah kurang lebih 2 bulan bro.

Untuk proses ketiga itu semuanya tidak dipungut biaya. Paling kalian hanya butuh biaya print out, makan dan transportas saja. kalian bisa urus sendiri semuanya, tidak perlu melalui agent.

Bro kalau kalian rajin, semua informasi itu lengkap sekali di Internet. pastikan kalian rajin membaca dan mengurusnya dengan penuh kesabaran. semakin banyak baca, kadang menjadi bagus dan jelek, yang jelas jangan sok tahu segalanya karena terlalu banyak baca, karena pada kenyataanya setiap orang akan mengalami petualanganya masing-masing dan tidak terpaku dengan apapun. bukan berarti banyak baca, bisa menjadikan kita bisa paling survive. tetap menjadi sederhana dan haus akan belajar.

selain itu gue percaya kalau kita berbuat baik, maka akan mendapatkan kebaikan pula dengan cara apapun. kamu juga harus percaya bahwa segala sesuatunya itu ada waktunya. apapun yang terjadi pada kamu, ketika hal itu sudah pada waktunya, kamu bisa mendapatkan hal luar biasa dari Tuhan. oleh karena itu, jangan ragu untuk berbuat baik sebanyaknya, agar juga menghasilkan dampak baik. Kamu bisa ikutan volunteering, bantu-bantu apapun, bekerja tanpa pamrih, sedekah dan dengan cara lainya.

setelah tahapan di Atas dilalui maka selanjutnya.

  1. memasukan dokumen ke kedutaan besar Australia. Download form yang dibutuhkan untuk apply visa ini.
  2. Lampirkan semua syarat yang diminta (syaratnya sama seperti mengajukan rekomendasi WHV ke Dirjen Imigrasi Indonesia) termasuk form dan surat rekomendasi yang sudah didapatkan dari Dirjen Immi Indonesia.
  3. Pergi ke Kurir pengiriman dokumen AVAC yang bekerja sama dengan kedutaan besar Australia. selain itu beberapa orang mengirim dokumenya menggunakan kurir lain langsung dari tempatnya berasal atau domisili. Bisa cari infonya untuk pilih tersebut.
  4. Menunggu E-mail permintaan cek kesehatan dari Kedubes Australia. di dalam e-mailnya sudah dilampirkan beberapa rumah sakit yang bekerja sama dengan Kedutaan besar Australia yang tersedia di beberapa kota.
  5. Setelah melakukan pengecekan, maka kamu tinggal menunggu visanya granted. gak usah khawatir, karena penyakit yang mention itu seputar penyakit pernapasan.

Nah gampang sekali bukan.

kalian akan banyak mengeluarkan uang, hanya pada tahapan ini saja. untuk pembayaran visa itu sekitar kurang lebih Rp. 5,000,000. Medical chek-up sendiri biayanya kurang lebih Rp. 300,000. paling biaya lainya adalah transport dan makan.

so, jangan bingung. asal semua dokumen lengkap. pasti deh visanya itu granted.

 

Advertisements

Written by Arip Hidayat

Saya suka belajar banyak hal, asik buat ngobrol, royal, suka ketawa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s