Persiapan Work and Holiday

Seringkali gue mendapatkan banyak pertanyaan tentang work and holiday di Australia. kadang lucu juga sih pertanyaanya tuh. cuman yang ditanyakan hampir rata-rata sama. normal kali ya buat orang yang gak pernah traveling sebelumnya, bahkan yang udah traveling kemana-mana pun kadang masih saja bertanya tentang kehidupan di Australia, apalagi untuk awal-awal.

Well, I think you are so lucky if you are less than 30 years old, because this is overwhelmingly beneficial ways for you to get some advantages of traveling. you could work unlimitedly for 2 years. gimana nggak guys.

  1. bayangin kalau gue aja bisa dapat sekitar lebih dari 300,000,000 dalam setahun. bayangkan dengan kesempatan bekerja selama dua tahun (new regulation), how much you can earn?
  2. probably, it is not only about money ya guys, but gue seneng aja kalau banyak anak muda Indonesia yang menggunakan masa mudanya untuk mencari pengalaman, sekaligus menghasilkan uang yang nilainya tidak sedikit. either you are earn much money or not, I think you will get more experience than your money expectation only.
  3. skills, certainly I work for some sort of casual jobs in Australia, indeed it was so great for me. karena tentu saja selain kita memiliki tabungan, ada skill yang kita dapat dari berbagai jenis pekerjaan yang telah dilakukan. sehingga kalau kamu berencana menjadi seorang entrepreneur, I think this is good chance to learn something great from the zero.
  4. friendship, however you will meet many people all over the world who come to Australia. pertamanan ini merupakan sebuah anugrah, jadi sebisa mungkin jaga dengan baik. hindari iri-irian dan perpecahan.

those are just some of the positiveness of work and holiday. frankly, you will get more, rather than those.

futhermore, mendapatkan visa ini begitu mudah sekali. gak perlu urus pake agent, sayang duit bro. beneran deh ini gampang banget…

loe tinggal baca-baca tahapan mendapatkan visa ini dan kunjungi website yang berkaitan. asalkan semua requarement yang diminta itu dipenuhi. pasti deh visanya dapat. untuk urusan mendapatkan visa sudah gue tulis di beberapa catatan.

nah kali ini gue ingin meyakinkan lagi bahwa tinggal di Ausi itu mudah sekali.

  1. Rip, dulu lu tinggal dimana? berapa biayanya? gue gak ada temen, apa gampang nyari penginapan?

I lived in Darwin, Northern Territory, Australia bersama keliarga Indonesia selama setahun. gue mengenalnya di facebook, namanya pa Rudi Siagawanto. dia menyewakan dua kamar kepada siapapun. selain itu ada juga beberapa orang Indonesia yang menyewakan kamar seperti Tante Rika, Yuli dan lainya.

secara general kalau loe ingin memastikan berapa kisaran biaya. bisa cek Gumtree.com disana bisa liat harga-harga yang ditawarkan. selain itu jika ingin memilih hostel untuk awal-awal bisa kunjungi hostelworld.com atau hostelbooker.com . tentu saja sebagian orang sudah familiar dengan air BnB.

mungkin kalian juga pernah mendengar couchsurfing.com yang sering digunakan oleh traveler untuk mendapatkan travelmate, bahkan penginapan gratis. ada juga hospitalityclub.com yang serupa dengan CS.

gampang kan guys.

dengan smartphone yang loe punya, memungkinkan juga untuk mencari tahu dari sesama work and holiday visa holder. jadi ya tidak ada salahnya bertanya, siapa tahu bisa tinggal bareng.

penginapan sendiri bik di apartment atau rumah kisaran $ AU 100-150

Hostel $AU 25 perhari

ultimatelly, kalau nanya berapa bekal yang harus dibawa. at least loe persiapin uang untuk akomodasi sebulan. kalau loe nekad, ya semaunya, gak usah terpaku sama hitungan ini.

2. biaya hidup

rata-rata selama di Darwin pengeluaran gue itu sekitar $AU 100 lah seminggu. ya mesti kenyataanya biaya hidup gue itu membengkak, tapi segitu udah puas banget kok.

di penginapan sudah tersedia dapur, toilet dan laundry. jadi lebih baik belanja dan masak sendiri. pasti lebih hemat.

beberapa tempat kerja seperti restaurant/cafe terkadang memberikan makanan gratis.

untuk harga makanan di restuarant terutama di Darwin dari $10 sudah lumayan kenyang. di supermarket ada juga makanan instant yang tinggal masukn ke microwave beberapa menit dan langsung bisa disantap.

3. perlu skill

sebenarnya kamu gak perlu skill apa-apa, yang penting kuat dan tahan banting. mereka yang memberikan pekerjaan akan mentraining kamu benar-benar dari dasar.

bagi kamu yang memang ingin menambah skill terlebih dahulu di Indonesia, ya gak ada salahnya. malah bagus. sehingga nanti ketika di Australia kamu lebih mudah untuk beradaptasi.

gue bekerja sebagai tukang membuat sushi. gue sama sekali tidak memiliki skill membuat sushi sebelumnya. tapi dengan training beberapa kali. cepet bis kok.

4. bahasa inggris

ya mungkin loe juga bisa tebak, kalau bahasa itu penting. gue merasa pas kemarin ke sana bahasa gue tuh ancur lebur. sebenarnya gue udh paham mengenai gramar dan basic-basic, cuma karena jarang digunakan ya lupa kebanyakan.

mungkin gue terbantu dengan cara kerja gue yang cepat, jadi tidak banyak dikomplain. cuman pekerjaan gue ya kitchen hand mulu. kalau bahasa gue lebih bagus, bisa aja gue dapat kerjaan yang lebih bagus.

gak usah khawatir deh mengenai bahasa, banyak orang dari negara lain yang lebih parah kemampuanya.

5. apa yang harus dibawa?

gak usah bawa dokumen penting. cukup paspor dan CV untuk melamar kerja, tapi bisa juga print di Australia untuk cv nya.

untuk makanan sendiri, terutama yang masih ada citarasa Indonesianya. bisa dengan mudah didapatkan di Asian shop.

biasanya ketika pertama kali masuk kerja, diperkenankan menggunakan kaos hitam. mungkin bisa bawa beberapa kaos hitam. beberapa tempat kerja ada yang tidak mempebolehkan pekerja menggunakan celana pendek ataupun jeans.

untuk harga pakaian sendiri, tidak jauh berbeda kok dengan harga pakaian di Indonesia.

6. SIM international

this is rely on you ya.. kalau kamu merasa suatu saat di Ausi bakal berkendara, ya mendingan buat. toh gampang juga cara membuatnya..

kalau translete. gue sih gak bisa memberikan jawaban yang pasti. yang gue tau sih oke-oke saja. karena polisi di OZ kayaknya gak maen tilang-tilang deh. kalau pun melanggar, system mereka sudah bisa merecord kesalahan pengguna jalan.

7. CV

mencari pekerjaan di Australia itu mudah sekali. cukup membawa selembar cv untuk pekerjaan casual. tidak perlu yang aneh-aneh. kalau diterima ya paling mereka minta pernyataan tentang visa.

cvnya pun terbilang sangat simple sekali.

8. mencari pekerjaan.

seperti yang gue bilang above mencari pekerjaan juga susah-susah gampang. ya gue sih nongkrongin website Gumtree.com untuk nyari kerjaan. banyak juga kok website lain yang bisa digunkan untuk mencri pekerjaan.

selain itu bisa juga dengan cara mendatangi tempatnya langsung. mereka sangat welcome, jadi jangan sungkan untuk bertanya ya.

9.  season

di beberapa kota season itu berpengaruh terhadap keberlangsungan bisnis. kadangkala kita akan mudah mendapatkan pekerjaan disaat peak season dan sebaliknya. jadi perhatikan benar kapan waktu yang tepat untuk pergi ke tempat tersebut. ya tapi kembali ke teman-teman. terkadang keberuntungan bisa datang di mana saja.

10. antisipasi gak dapat kerjaan

sebaiknya gak usah putus asa atau berkecil hati. gunakan waktunya untuk yang lebih berguna, memikirkan hal positif. terutama tentang apa yang akan dilakukan setelah WHV kelar.

nah gue baru inget segini. nanti gue akan bahas deh kalau udah inget.

sebaiknya gak usah banyak bertanya, tinggal banyak baca dan gali informasi. hidup di Austrlia itu gampang banget. sejauh yang gue liat. banyak tuh anak-anak yang awalnya banyak sekali kekhawatiraan, ternyata baru seminggu aja di OZ udah enjoy keliatanya.

guys bagi yang percaya kuasa Tuhan, teruslah berbuat baik dimanapun. Tuhan pasti bakal membantu banyak.

so lumayan lega kan.. yaudah siap-siap berburu dollar..

Written by Arip Hidayat

Saya suka belajar banyak hal, asik buat ngobrol, royal, suka ketawa.

Leave a Reply

