IELTS dan Work and Holiday (WHV)

as we known guys that one of the whv requirement is english skill. dua tahun yang lalu ketika syaratnya masih toefl I was struggle to get skor yang cuma 450 doang. ampe 3 kali gue baru dapat. gila gak tuh!

saat di Australia, gue cuma fokus bekerja dan malas belajar. in addition my peers were almost asian and my job didnt require good communication. I also lived and hung out with Indonesian WHV holder. it was easily imaginable guys betapa gue tidak banyak belajar saat itu. so I claimed my english skill was poor, but I was able to earn a lot of money. apparantly, you could get big money without crazily expert in english.

 

img_0496
Masukkan keterangan

Pemuda-Pemudi yang sedang belajar bahasa inggris di kampung inggris, Pare berkumpul dalam gathering work and holiday experience in Australia.

 

However, I have ever planed to continue my study. then, I needed IELTS skor. I consciously acknowledge that IELTS is quite intricate, so I advocate you to practice either study independently or join with courses.

ceritanya gue berangkatlah ke Pare, kediri untuk mengetahui bagaimana IELTS tuh seperti apa. Seemingly, IELTS tidak bisa dianggap remeh bro. bisa dikatakan tricky dalam menjawab seluruh pertanyaan dalam ielts. moreover, menurut gue dengan mempelajari IELTS, kita bener-bener bisa meningkatkan kualitas english kita.

while, firstly gue ikutan ielts camp selama dua minggu. disitu gue mendapatkan banyak materi seputar ielts. untuk mampu mendaptakan hasil bagus literaly setiap siswa butuh ratusan jam. jadi ya kita harus berpikir bahwa TIDAK BISA INSTAN.  Fortunately, untuk apply visa ini kan cuma membutuhkan skor 4,5 dimana skor tersebut sangat mudah didapat. jadi jangan terlalu restless/anxious ketika belajar. bisa-bisa gila ntar.

secondly, ketika gue belajar di Pare, gue ketemu anak-anak muda hebat yang dengan rajinya mereka belajar untuk mengejar cita-cita. banyak yang ingin belajar di luar negri dan mereka terus mengejar target skor yang cukup untuk meraih beasiswa. nah kalau kamu merasa impian mereka hebat-hebat, jadikan itu motivasi untuk segera ke ausi dan kejar impian hebat lainya di kemudian hari.

bertemu banyak orang itu seru sekali karena menambah pertemanan. ini mungkin tak bisa tergantikan. namun jika kamu hanya bisa belajar di rumah, jangan khawatir karena banyak sekali materi yang tersedia di internet. selain itu, efectively gue belajar mati-matian sebulanan di rumah sebelum tes secara real.

seperti yang gue bilang, belajar ielts juga bisa membuat kamu belajar english entirely. jadi jika kamu ingin cepat-cepat, ya gak perlu belajar satu persatu lagi dari basic.. mending sambil latihan sambil belajar.

ada 4 section dalam ielts.
1. listening terdiri dari 40 soal.

di youtube itu berserakan soal latihan beserta key answernya. bisa coba temukan beberapa soal latihan dari cambridge… dari situ kita bisa terus melatih menjawab soal-soal listening.

nah ternyata listening ini tuh cara menjawabnya juga unik, tipe-tipe soal pun banyak. jadi dengan banyak berlatih kamu bisa tahu nih.

kalau kamu bisa menjawab 20 soal dengan benar, setidaknya kamu sudah mendapatkan nilai 4.5 – 5.0

jangan lupa tuh install aplikasi BBC, Podcast dan lainya guys dana dengerin terus tuh live radionya. puterin kapanpun,,, biar terbiasa ngederin orang cas cis cus englilish… cari simcard yang kuotanya banyak.

katanya kalau punya aksen british itu ngebantu banget.. lah gue mana tau aksen-aksenan. asal ngomong aja dah udah untung.

2. reading terdiri dari 40 soal
Banyak yang tidak menyukai reading. baca yang berbahasa indonesia saja malas, apalagi bahasa inggris.

gue sendiri meski occasionaly tidak mengerti secara keseluruhan isi cerita, tapi ya tetep saja dibaca. biasanya gue membaca artikel travel di koran online atau website berita berbahasa inggris. pilihanya bisa yang UK seperti daily mail uk, BBC, dan lainya.. setiap gue menemukan kata baru ya gue tulis.

misalnya VIVIDLY = secar jelas REPORTEDLY = dilaporkan obviously = secara jelas.. yang kaya gini2 membuat gue lebih kaya lagi nantinya ketika gue latihan speaking dan writing.

untuk kamus, banyak yang menyarankan oxpord. apalagi bagusnya english ke english.. kalau merasa belum terlalu expert, menurut gue google translete lebih cepet dan gak bertele2 alias kudu mikir lagi.. misalnya dishonest = blablablablabla kalau dalam bahasa inggris artinya.. kalau dalam google translete, tidak jujur… udah cepet dah.

3. wiriting terdiri dari 2 task

untuk menjawab task 1, tidak dituntut untuk mengeskplore vocabulary yang luar biasa.

kalau akademik biasanya disuruh ngejelasin, table, chart, grafik, dan lainya. kaya nulis hasil penelitian skripsi. terus jumlah tulisan minimal 150 kata. jika tidak terbiasa maka akan cukup lama hanya menulis 150 kata.

banyak juga nih video bagaimana menjawab task 1 ini.. yang gue saraanin, apapun jenis pertanyaan ketika kamu latihan. gunakan selalu format penulisan yang sama. jangan berubah-ubah. yang diubah adalah data-data yang harus ditulis saja..

nanti juga kalau kamu sering belajar akan tau maksud dari format yang gue bilang itu..

task 2 atau essay. disini biasanya dituntut untuk mengeksplore vocabulary kita.

nah seperti yang gue bilang kalau ielts itu bagus, karena gue jadi belajar bagaimana menulis essay. tentu saja ini akan berguna kelak ketika kita memiliki tugas membuat essay.

gue pikir kalau kamu sering membaca banyak hal, ketika mendapaatkan soal dengan berbagai kasus, bisa dengan mudah membuat penjelasan-penjelasan menarik.

dalam ietls biasanya dikenal dengan paraphrasing kata. simplenya, menurut gue adalah penggunaan kata-kata yang berbeda tapi memiliki arti yang sama. misalnya kalau ada kalimat gue mendapatkan, umumnya orang menggunakan kata I get. tapi kalau kamu menggunakan kata I acquire. bisa jadi kamu bisa mendapatkan nilai lebih lagi. jadi  semakin banyak kata yang jarang digunakan orang bisa menambah nilai semakin bagus.

kalau kamu ingin belajar banyak kata yang memiliki persamaan meaning atau syinonim. coba belajar dengan kamus thesaurus.

4. speaking

banyak yang mengeluh malu untuk ngomong english. kalau gitu coba ke Pare, Philipin, dan negara lainya. karena di sana mungkin auraanya enak, jadi bikin kita juga lebih berani.

Kalau tidak bisa, temukan teman yang bisa dijadikan teman untuk latihan. gue sendiri sering menwarkan diri untuk belajar bareng. banyak temen-temen yang pm dan kita mengobrol di telpon. teman-teman di pare pun banyak membantu gue. we have frequently conversation. cari temen yang satu passion sama kamu, maka kamu akan lebih enjoy.

nah banyak juga loh contoh-contoh bagaimana menghadapi speaking ielts test. jadi kalian bisa tahu gambaranya. tentu jika kalian memiliki guru, akan banyak masukan lebih gampang didapatkan dan terarah.

gue kadang diejek juga nih karena aksen sunda yang gak bisa bedain P, F, dan V tapi gue terus berlatih dan ya alhamdulilah lah ya…

well, nilai gue gak tinggi-tinggi amat ya di IELTS. listening gue 5.0, reading 5,0, writing 5,5 dan speaking 6.0

kalau kamu ingin meraih impian yang lebih tinggi ielts ini begitu berpengaruh sekali guys. jadi gunakan waktu luang kamu baik di Indonesia maupun di luar negri untuk belajar lagi kemampuan englishnya. ya dengan cara-cara yang menurut kalian menyenangkan. banyak juga sih yang gak belajar ielts sama sekali previously tapi nilainya bagus. how lucky they are.

nah gue juga sering nonton acara-acara seminar atau presentasi di youtube, sehingga selain gue ngumpulin vocab gue juga tahu bagaimana menggunakan vocab itu secara real dalam berkomunikasi atau penyampain informasi. gue juga jadi sedikit knowledgeable karena menonton penjelasan mereka yang keren-keren itu.

sumbangsih dari membaca dan open mind juga membuat kita terbantu. banyak loh orang Indonesia tuh yang dikasih pertanyaan simple aja kadang gak tau jawabnya atau terlalu standar.. misalnya daalam speaking test ditanya.. kalau weekend/leisure time kalian suka ngapain? jawaban bule pasti macam-macam dan panjang lebar.. kalau anak-anak indonesia ya kebanyakan jawabnya nonton movie, ketemu keluarga, ngumpul di rumah, nongkrong sama temen dan jawaban standar lainya. misalnya juga muncul ditanya alat musik apa yang pernah kamu mainkan, acara apa yang kamu tonton, buku apa yang kamu baca, siapa penulis kesukaan kamu, siapa yang kamu admire.  bukan maksud membandingkan, tapi gue sering menemui orang yang untuk menjawab pertanyaan simple seperti di atas saja kadang kesusahan, bahkan untuk menjawab kegitan yang rutin dilakukan pun sulit dijawab dan gak ada ide.

eventually, guys kalau dibandingin anak2 lain yang gue temui. mereka bikin gue menciut men. wehh mereka pinter-pinter amat ya “kayaknya gue hanya butiran debu, belum lagi latihan aja nilai ielts mereka udah tinggi.” dengan melihat seperti itu gue optimis indonesia bisa luar biasa kelak.

untungnya ada whv, sehingga gue bisa tuh ngerasain pengalaman hidup di luar negri. kalau berjuang beasiswa, kapan gitu gue bisa dapatnya. gue gak pinter-pinter amat, kuliah di uni swasta yang belajrnya juga asal ngumpulin tugas yang kopas dari internet udah bisa lulus. belum lagi saingan gue dari kampus-kampus ternama dan negri.  jadi kalau ngomongin nilai ielts yang tinggi, gue belum tau seperti apa upayanya. bisa dianggap tulisan ini sekedar share saja yang mungkin bagi orang-orang yang merasa satu frequensi bisa lebih pede menghadapi ieltsnya.

well guys. bagaimanapun kaitanya dengan whv. bagi yang sedang berjuang mendapatkan whv, gak usah banyak kegundahan. gampang kok hidup di australia itu. cepat penuhi persayaratanya, cepat dapatin visanya, pergi ke ausi. banyak belajar di sana dan kelak kita akan bersumbangsih banyak untuk negara ini. bagusnya ini kesempatan yang begitu mudah dan kemungkinan bisa didapatkan oleh siapapun. bahkan orang yang gak pinter kaya gue pun bisa.. ke luar negri bukan lagi mimpi. bisa nabung uang, pengalaman dan pertemanan.

gue gak punya materi yang bisa gue bagikan. gue cuma punya kisah. betapa banyak kisah berpengaruh pada hidup gue. sehingga menurut gue berbagi kisah merupakan ibadah yang ringan dan praktis. sesimple apapun, pasti ada yang membutuhknya.. bagikanlah meski kebaikan itu sepertinyaa kecil.

niat yang baik, mimpi yang mulia dan bekerja dengan penuh suka cita. semoga ALLAH memberkati kalian.
semoga share simple gue ini berguna.

amiin..

thanks yang udah baca.

Written by Arip Hidayat

Saya suka belajar banyak hal, asik buat ngobrol, royal, suka ketawa.

Leave a Reply

