Mengajukan Lagi Credit Shell Air Asia

Kenapa? jadi dulu itu aku memiliki uang di akun air asia setelah melakukan credit shell sebelumnya dan akan segera habis masa berlakunya sehingga harus segera saya belikan. saat itu lagi promo ke chongqing, china. sehingga saya pilihlah ke kota itu, lagian saya belum pernah ke china.

beberapa bulan saya menunggu dan saya pun diliputi rasa galau, menjelang hari H saya sudah apply visa china dan menukarkan uang rupiah ke Yuan. gilanya lagi sekarang rupiah itu jatuh banget dan nilainya ancur abis.

Credit shell merupakan salah satu pilihan untuk konsumen ketika penerbangan kita memiliki perubahan jadwal dengan cara mengembalikan semua uang kita ke dalam akun berupa saldo yang bisa digunakan untuk membeli tiket lagi dalam waktu 3 bulan setelah 3 bulan jika tidak digunakan makan akan hangus. cara mendapatkanya adalah.

1. pastikan ada pemberitahuan di e-mail, sms, atau dengan bertanya ke costumer service (kalau kamu merasa tidak ingin pergi atau tidak jadi pergi) apakah penerbanganmu terjadi perubahan jadwal.

2. setelah yakin tidak bisa mengikuti perubahan yang dilakukan hubungi call centre air asia.

3. ketika kita terhubung dengan costumer serivice nya, sebutkan kode bookingan dan minta di cek jadwal penerbanganya. apabila mereka mengatakan ada perubahan makan kamu bisa memilih pilihan credit shell, reschedule di hari yang sama pada waktu yang berbeda, dan lainya.

4. mereka akan mengkonfirmasi semua data kita yang tersedia di akun dan akan dicocokan dengan mewawancarai detil informasi yang termuat di akun.

5. diminta untuk menscan/memfoto pasport halaman pertama kepada email yang diberikan oleh coustumer servisenya.

6. setelah mengirimkan email paspor makan kita telpon lagi dan confirmasi dengan menyebutkan kode booking dan kita telah meminta untuk di credit shell kan.

7. tinggal menunggu e-mail pemberitahuan, dan hasilnya tak cukup lama. bahkan sangat cepat. 1 hari kemudian biasanya sudah ada uangnya di akun kita.

nah saya sendiri mencancel perjalanan ke china karena dihitung-hitung biayanya cukup mahal. untuk sebulan saja butuh biaya 6 juta untuk hidup yang sangat irit sekali. sehingga saya memutuskan untuk menundanya, dan saya pun sedang menunggu proses visa lainya yang kalau visanya goal saya bisa traveling lebih lama.

alhamdulillahnya keputusan saya benar dan saya bisa dengan tenang mengurus visa, surat-surat yang saya persiapkan sudah ada hasilnya. tinggal saya urus-urus syarat lainya yang butuh waktu dan kehadiranya..

semoga berguna ya!!!

Silahkan Semua Restoran Buka

Musim toleransi heboh dengan restoran yang boleh tetap buka sepanjang Ramadhan. terus emang masalah? perasaan muslim banyak yang biasa aja deh, gak ada yang mempermasalahkan. saya perhatikan dan denger sendiri kalau banyak muslim biasa aja, mau restoran buka atau nggak. emang selama ini gak gitu ya? gitu juga kali, apalagi di kota besar, di mall. restoran penuh dan isinya juga banyak cewek berhijab, bapak-bapak yang jelas muslim, terus masalah. ya makanya udah dari dulu kali restoran buka.

kali ini saya ingin membahas puasa bagi perempuan. enak ya perempuan kadang ada masa haidnya dan tidak boleh berpuasa selama masa haid itu. saya tergelitik aja karena tadi ada seseorang menuli status yang isinya diajak ke restoran karena lagi haid dan gak mempermasalahkan restoran buka, dia sepertinya ingin menekankan kalau restoran gak masalah buka saat ramadhan.

para gadis dan wanita, kalian memang tidak berpuasa saat masa haid dan terserah kalian mau makan di manapun, itu hidup kalian dan uang kalian. saya cuma bisa bilang. lah kan bukan berarti kamu haid bukan berarti persepsi kamu boleh makan di tempat umum bebas sah-sah aja. kalau berpikir kembali ya harusnya merasa gak enak hati dong sama orang lain dan rasanya malu aja kali ya duduk manis di restoran terus nyedot es dan ngobrol sama temen sambil ketawa-ketawa.

kita diajarkan untuk menghargai orang lain sama orang tua, disuruh tau malu lah. malah kalau orang tua zaman dulu anak kecil yang gak berpuasa saja disuruh makan untuk ngumpet-ngumpet. apa tidak terpikir ke sana, menghargai orang lain ya merasa malu bahwa apa yang kita lakukan tidak manis keliatanya.

persepsi dan pemikiran bahkan cara tafakur setiap orang berbeda, mungkin saja dia benar dan saya salah. saya hanya ingin menekankan rasa malu dan menghargai orang lain bahkan itu bisa jadi merupakan perwujudan menghargai ALLAH terhadap bulan suci.

tahan nafus selama sebulan, jangan ingin menunjukan bahwa kamu lagi ngonkrong di cafe dengan menggunakan hijab dan berharap orang nilai bahwa kamu sedang haid. OMG.

bukan cuma itu yang mau saya tulis.

ramai di media mengenai tempat makan boleh buka di saat ramadhan, sebagian pro sebagian mengutuk padahal dari dulu juga tempat makan buka-buka aja. yang mengutuk kenapa gak sekalian mengutuk muslim yang menjual makanan dan membuka tempat makanya di saat ramadhan. coba kunjungi mall deh, berapa banyak manusia yang pergi menikmati huforia belanja dan tak sah kalau gak makan.

pemikiran saya loh ini, sebaiknya para pedagang makanan itu udah save uang untuk menghadapi bulan puasa, agar mereka bisa rehat sejenak.

misalnya kalau kamu guru, kamu minta anak-anakmu untuk pinter tapi kamu beri contekan apakah itu baik?
terus bagaimana dengan muslim yang menyediakan makanan untuk muslim lain yang tak berpuasa. saya gak tau itu dosa atau tidak tapi itu mengusik pemikiran saya selama ini. karena menurutku itu tidak relevan.

tidak semua orang berpuasa dan taat agama apalagi negara ini mayoritas beragama islam dan yang pasti yang tidak taat sama agama islam pun banyak salah satunya tidak melakukan ibadah wajib seperti berpuasa. dan mereka merupakan manusia yang butuh makan, sehingga bukalah warung makan, yang masak dan ngelayaninya berpuasa tapi melayani yang tak berpuasa. hmmmm lucu ya.. kaya orang pinter yang jelas-jelas ngasih contekan ke temenya di sekolah, bukanya ngajak pinter, niat bikin nilainya bagus tapi malah memperbodoh sebenarnya.

sebenarnya saya tak berhak menilai ibadah seseorang. saya di atas sama sekali tidak membahas ibadah individu ya, saya hanya melihat penomena dan ingin menulis mengenai hal-hal yang menggelitik saya.

sekian terima kasih.

Berbeda kadang lebih indah

Sebagai cowok saya juga pernah tertarik pengen punya body muscle dan indah atau lebih tepatnya berotot. Selalu seneng kalau liat tontonan yang menunjukan otot, biasanya film luar negri yang pemeranya begitu gagah dengan badanya yang tegap berisi. Selain itu kontes pemilihan laki-laki seksi juga pernah ditunggu untuk ditonton, buktinya gak cuma saya, page sebuah peoduk terkenal yang menjual nutrisi untuk pria pun banyak digemari.

Sering maen di facebook membuat saya juga kadang tertarik melihat foto orang-orang yang direkomendasikan fb bertelanjang dada atau menunjukan bodynya. Saya menemukan ada fb yang emang khusu gay sehingga temanya banyak sekali pria di fbnya, ada yang biasa aja temanya atau mix. Nah ketika melihat fotonya banyak yang komen itu dari pria juga dan saya juga sering menemukan komen yang malah ngajak ML, kencan atau sekedar bilang HOT.

Melihat profil orang yang memiliki tubuh bagus juga kita bisa mendapatkan informasi lain, misal grup yang dia ikuti, teman-temany yang juga menunjukan badan idealnya, semuanya jelas. Saya pernah mencari tahu dan tertarik ingin lihat tapi yasudahlah.

Saya tahu hawa nafsu, apalagi sex kadang bisa membuat kita lupa diri. Segala sesuatu itu selalu ada permulaan. Bisa saja sebenarnya anda bukan gay. Selalu ada lampu kuning sebelum lampu hijau atau merah jadi ada kesempatan untuk berpikir terlebih dahulu.

Misal anda terobsesi ingin berotot, anda cari tahu di internet dan melihat gambar-gambar otot. Anda terangsang dan anda semakin masuk ke dalam informasi itu sampai anda sering absen mengunjungi website-website gay misalnya.

Anda mulai pergi ke tempat gym dan mulai masuk ke pergaulan nyata orang-orang yang ingin berotot, siapa tahu anda ketemu pacar baru.

Mulailah anda terjalin komunikasi dengan beberapa orang dan lama-lama bisa ke aksi kencan atau tindakan yang khilap. Misalnya anda tak bisa mengontrol diri dan mulai melakukan aksi yang extrem dan mungkin itu merupakan hal yang pertama kali buat anda. Setelah anda tahu nikmatnya dan anda klik sama dia anda mungkin terjebak dalam situasi rumit.

Di kasus lain anda bisa saja memilih lampu merah ketika lampu kuning usai dan anda berhenti lalu berpikir panjang.  Anda bisa saja memikirkan aturan agama, norma, kepantasan, budaya, dan segalanya bisa mempengaruhi anda.

Dalam hal ini sebutlah anda beragama islam yang tak begitu taat dan suka akn sikap toleransi tapi and juga tau aturan agama anda terhadap hal demikian.

“Saya laki-laki dan Tuhan menciptakan apapun berpasangan, tak ada yang ganjil. Di zaman dahulu azab menimpa golongan umat Nabi Luth yang durhaka karena berbuat homoseksual.” Sepintas bisa saja anda berpikir seperti itu. Tapi bisa saja anda tahu cuman anda tak bisa menolak hawa nafsu dan lebih memilih untuk mengikuti hawa nafsu.

Anda yang memilih untuk memikirkan hal itu mengenyampingkan hawa nafsu dan menjaga kemaluan anda. Anda menahan gejolak keinginan anda dan memilih hidup normal. Bukankah itu juga merupakan perjuangan anda terhadap cobaan yang Tuhan berikan.

Ok kita akhiri cerita tadi. Saya harus nulis bagaimana ketika Amerika melegalkan LGBT. Apa saya harus maki-maki dan merasa sok suci atau tidak toleran.

Bagi saya toleransi ya juga harus dipikirkan secara matang apa yang perlu di toleransi. Ya orang apapun orientasi sexnya dalam hal ini itu yang menggelitik saya, kudu dihargai, diperlakukan sama sebagai manusia. Sedangkan agama saya memerintahkan untuk tidak melakukan hal itu. Bahkan dengan keras tidak boleh bersikap lemah lembut.
Mungkin orang kesal dengar ini semua bagi yang suka akan toleransi. Bahkan bisa menjauhi saya.

Selain itu trendnya adalah membuat poto profil fb menjadi pelangi, banyak juga umat muslim yang melakukanya. Wah banget kan sampai bisa kaya gitu.

Lah saya jadi mempertanyakan apakah itu gak dosa ya. Plus saya baca penjelasan status mereka yang mendukung hak itu karena sikap toleransi mereka yang sangat tinggi. Hmmmm

Iya sih setiap orang memiliki pemikiranya sendiri-sendiri. Kadang pemikiranya ingin menunjukan paling benar. Bahkan saya nulis ini pun ada perasaan seperti itu.

Saya malah kembali berpikir Tuhan adil memberikan kecerdasan berpikir kepada siapapun. Tapi tidak semua cara berpikir itu mendapatkah ramhat dan petunjuk yang benar di MATANYA.

Semoga apa yang kita lakukan selalu dirahmatinya.

Undangan yang tak ditepati

Kita tentu pernah mengundang orang lain untuk hangout bareng; nongkrong, makan, holiday, party, dan lain sebagainya atau mengajak orang melakukan kegiatan berguna seperti volunteering, les tambahan, sekolah, dan lainya.

Saya senang ketika melakukan sesuatu itu bareng temen, bahkan sering mengundang temen-temen untuk hangout bareng dan melakukan kegiatan berguna bareng.

Mengajak teman biasanya dilakukan melaui media komunikasi. Apapun bentuknya saya coba agar bisa terhubung dan menanyakan apakah mereka mau atau tidak.

Kecewa memang kalau gak ada yang nyaut sedikitpun, Malah sebenarnya sudah buang-buang energi karena mengundang atau mengajak mereka.

Di lain hal sahabat bisa dengan mudah diajak, beda dengan teman biasa yang terlibat dalam aktifitas sosial kita yang tak begitu mementingkan sebuah ajakan.

Kita tidak boleh menuntut orang untuk selalu mau mengikuti apa yang kita mau. Jadi sebenarnya itulah kuncinya, cukup ajak dan apapun jawabanya ya sudahlah.

Misalnya kita merindukan teman-teman kita dan ingin kumpul bersama, beberapa orang mencoba membuat rencana dan ada yang berhasil ada ya g tidak yang pada akhirnya obrolan kita ngalor-ngidul ditinggalkan satu persatu.

Momen-momen seperti berbuka bersama, ulang tahun teman, nikahan teman, traktiran temen dijadikan momen untuk mengundang teman-teman kita yang sudah tak sering beraktifitas bersama lagi. Namun sayang kadang banyak kekecewaan yanh didapat karena tidak mudah membuat mereka untuk join.

Paling menyebalkan dari semua itu, tidak semua teman mengapresiasi undangan kita, beberapa ada yang nanya banyak hal, tapi menjelang hari H   banyak sekali alasan-alasan yang kurang masuk akal.

Tiba-tiba sakit, udah segede gitu masih gak diizinin orang tua, nganter sodara, kendaraan rusak, anaknya tiba-tiba demam sih masih masuk akal, sampai paling parah hapenya MATI. Ada juga yang gak angkat telpon dan gak balas sms, pas acara udah mau berakhir dia ngasih kabar, SOry tadi ketidurAn. Kenapa gak sekalian aja bilang tadi mati suri atau alzaimer mendadak. Lol.

Ini sih yang membuat sebal. Banyak sekali alasan yang dibuat-buat yang pada intinya kita malas bergerak untuk ikut atau nggak. Banyak mikir dan mengikuti rasa malas itu.

Saya juga kadang terjangkit penyakit kaya begitu, tapi saya mikir lagi, kalau saya udah ketemu orang pasti perasaan saya berubah dan lebih exited lagi. Dan itu benar adanya.

Saya sering menolak undangan pernikahan, bagi saya itu kadang gak terlalu penting. Yang bikin kesel kita baru ketemu satu kali saja sudah berani ngundang. Ada lagi kita berteman cukup akrab, terus lama gak pernah berhubungan bahkan dia gak mau balas chat dan sms kita, komen di media sosial aja gak ditanggapi, eh sekalinya nikahan dia ngundang dan jawab banyak pertanyaan, pas udah nikah boro-boro ada lagi.
Udah gitu di daerah saya tuh uang yang kita kasih di amplop belum tentu ditulis berapa-berapanya, nanti ketika saya undang balik itu gimana urusanya, belum lagi sistemnya disini parasmanan, jadi begitu masuk ke acra pernikahan kita bersalaman dan masuk ke meja makan lalu makan, abis makan ke altar pernikahan dan bersalaman sambil ngasih amplop. Gila saya sering pergi ke acara pernikahan itu sendiri dan isi amplop lumayan, nanti gimana kalau saya undang dia, isi amplop dia tak bs dijamin lebih besar karena kebanyakan lebih kecil dan dia datang bawa bini plus anak yang artinya akan makan untuk 2 atau lebih porsi. Gila kan.

Oke saya mungkin perhitungan tapi saya pun bercita-cita untuk membuat acara pernikahan yang sederhana. Nikah di mesjid ijab qobul, ngumpul keluarga dan makan-makan keluarga, udah. Saya gak mau punya utang dengan harus membayar nanti orang yang datang ke pernikahan membawa amplop, simplenya itu dan bulan madunya yang mahal biar menikmati duitnya, dari pada nyewa organ tunggal dan mamerin penyanyi dangdut dengan body-bodynya rasanya gak etis seperti itu. Mendidik masyarakat ke arah yang kurang baik. Tentu saja impian itu tak banyak dimau sama cewek sekarang, mana ada cewek yang mau sesederhana itu mengingat ada keluarga mereka dan bagi mereka pernikahan terjadi begitu langka sehingga harus wow.

Nah balik lagi ke persoalan tadi. Itulah suka dukanya mengundang orang lain. Beda dengan komunitas besar yang punya banyak member yang datang pun beragam dan bisa ketemu orang baru.

Mungkin kita pernah kesel, sahabat sendiri pun ada yang seperti itu. Oleh karena itu kita harus berusaha untuk tidak banyak berharap tapi kita coba terus aja. Tapi biasanya kalau dengar kata FRee Mereka cukup exited.

Ada teman saya sampai dia ingin hangout tapi gak mau menghubungi yang lain buat nanya apa maubikut atau nggak. Sayalah yang disuruh, dan saya pun akhirnya sama jengkelnya karena teman saya itu juga sering jengkel bin dongkol kalau ngajak teman.

Hahahhahaha
Sebaiknya kita langsung menjawab ketika mendapat undangan. Bilang apa saja kek sesuai keinginan. Apakah bisa atau tidak dengan alasan yang relevan.

Thanks.

Itineray Kuala Lumpur ke Bangkok

Rute seperti ini seringkali diambil oleh beberapa traveler yang mau menjajal keberanianya menjelajahi luar negri. karena dirasa paling dekat dan banyak penerbangan ke kuala lumpur, malaysia.

nah dalam tulisan ini saya akan memberikan gambaran umum berdasarkan yang saya tahu.

banyak sekali pertanyaan yang sebenarnya agak gereget untuk menjawabnya, seperti “cukup gak ya seminggu menjelajahi 5 negara?” atau pertanyaan-pertanyaan unik lainya. ya sabar dong ya, pelan-pelan, emang mau meninggal besok apa?

ok gini.

KL – BKK itu kan lumayan jauh kalau lewat darat, jadi kita bisa lihat peta dong! nah setelah lihat peta kita bisa menemukan beberapa nama kota yang kadang hurupnya lebih besar dan tebal. jadi kita bisa tandai kota-kota itu dan cari tahu. misalnya

Wikitravel.Kuala-LUmpur
Wikitravel.Bangkok
Wikitravel.penang
Wikitravel.phuket
wikitravel.krabi
wikitravel.hatyai

ini termasuk kota-kota besar yang dilewati kendaraan jalur darat ketika pergi dari KL-BKK.
dari wikitravel dan website lainya kita bisa menemukan informasi apakah tempat itu menarik atau tidak untuk dikunjungi. sehingga kita bisa menentukan apakah kita bisa berlama-lama di kota itu atau tidak sesuai ketertarikan kita dan apa yang tersedia di kota itu.

misalnya penang itu luas dan cukup banyak tempat wisata sedangkan hatyai tidak begitu banyak. sehingga di penang bisa luangkan waktu 3 hari dan di hatyai perlu 1 hari saja untuk city tour.

setelah menentukan itu makan kita bisa mencari informasi lainya

Transportasi
menjadi penting karena untuk membantu kita pindah ke kota lain, apakah ingin pake kereta atau bus atau lainya dan apakah tersedia atau tidak? biasanya durasi perjalanan bus dan kereta tak jauh beda waktunya paling beberapa jam lebih dulu sampai.

setelah tahu garis besar rute yang dipilih misalnya KL- Penang – Hatyai – Krabi – Phuket – Bangkok

kita tinggal mencari informasinya melalui sahabat kita (google)
“bus KL ke Penang,”
“bus Penang ke Hatyai” dst
kalau nyari kereta tinggal ganti saja nama busnya dengan train.

dari situ kita juga bisa menemukan berapa harganya dan durasi lamanya. sehingga kita bisa lebih bijak menggunakan uang dengan cara membeli tiket untuk keberangkatan malam hari dan tiba pagi hari atau siang hari agar bisa hemat uang penginapan.

umumnya rute yang saya sebutkan tadi jaraknya jauh-jauh dan durasinya ada yang kurang dari 5 jam dan ada yang lebih dari 5 jam. sebaiknya yang lebih dari 5 jam pilih keberangkatan yang malam hari.

diantara rute tadi kita juga bisa menskip beberapa kota yang menurut kita tidak perlu atau tidak menarik.
sebelum naik kendaraan beli camilan-camilan, seperti rebus-rebusan, snacks, atau biscuit.
temukan juga makanan-makanan halal yang bisa kita dapatkan di kota-kota tadi, biar jalan-jalan lebih enak kalau perut dalam kondisi kenyang.

selamat traveling dan semoga membantu
terima kasih sudah berkunjung.

Gak belajar dari kesalahan

Pagi ini mau urus visa china, sudah keberapa kalinya aku naik busway dan kadang lupa lagi kudu transit dimana dan turun dimana.

Harusnya aku prepare dari malam hari transportasi yang terbaik atau option-option tercepat menuju te.pat yang dituju. Aku terlalu meremehkan.

Mungkin aku juga yang menggampangkan apapun dan memilih go show. Padahal di internet banyak sekali informasi untuk.memudahkan kita.

Seperti saat ini, 2 bulan ini aku udah naik busway uki-grogol itu 3 kali dan aku masih mau lewat tuh jalan yang makan banyak waktu. Bahkan bisa sampai 1 jam.

Kemudian aku akan mencari mall ambasador, aku pikir kesana ada busway makanya aku pilih lagi jalur uki-grogol. Kerasa dong lamanya di jalan padahal aku pikir siangnya aku sudah sampai rumah lagi dan bisa kerja.

Jadi aku dari karawang naik bus ke kp. Rambutan, naik busway kp. Rambutan -kp melayu. Nah dr kp. Melayu itu ada mikrolet dan minibus ke mall ambasador/itc aku malah transit di uki dan naik busway arah grogol lalu turun di karet. Gila lamanya. Dari karet aku kudu naik microlet nomor 44 buat ke mal ambasador dan microlet 44 itu berhenti di kampung melayu. WTF banget kan gue.

Mana belum sarapan, busway dengan pendingin lumayan tinggi. Kayaknya aku anak kampung karena lebih enjoy naik kendaraan tanpa AC.

Turun di depan ITC dan nyebrang jalan, keliatan ada gedung mega kuningan. Tinggal tanya aja dimana gedung east kuningan buat ngajuin visa china. Bisa jalan kaki dan jaraknya bisa ditempuh 15 menit jalan kaki. Namanya chinese visa application centre. Lokasinya ada di lantai 2 gedung east.

Aku isi formulir dan menunggu sekitar 1 jam lebih di sana. Aku dapat nomor R009 dan saatnya dokumenku dicek.
Pertanyaanya simple sih, aku mau ngapain, berapa lama, dokumen yang gak perlu dibalikin sepeti kk dan pernyataan uang tabungan. Agak judes dikit sih tapi cepet pelayananya.

Aku tanya bagaimana kalau nggak approved apakah tetep bayar?”
“Iya dan bayar 250an.” Katanya. Cuman dia memberi sedikit kelegaan dengan mengatakan “gak usah khawatir, pasti dapat.”

Aku pulang dan naik minibus nomor 07. Gila cepet bangey nyampe kampung melayu dan sekarang aku sudah naik busway ke kp. Rambutan dan lumayan cepet juga, bahkab udah kerasa jauh banget nih dengan selesainya tulisan ini.

Ahkk lain kali aku kudu lebih persiapan. Biar gak bete sama transportasi jakarta dan naik angkutan umum seperti minibus dan mikrolet sepettinya lebih cozy dari pada naik busway.

Perjalanan Sendiri dan Bareng Temen

Karena jalan-jalan murah/backpacking itu sekarang lagi booming-boomingnya maka setiap musim liburan kita bisa melihat begitu banyak sekali pengunjung sebuah tempat wisata, toko outdour tools ada dimana-mana dan lebih banyak, merk-merk untuk keperluan adventure juga makin banyak, pengunggah foto berwisata juga makin banyak.

Jalan-jalan sendiri biasanya lebih banyak memberikan pengaruh baik misalnya:
1. kita jadi selalu waspada terhadap apapun, ya kita jalan-jalan pasti makin lebih care sama diri sendiri karena selalu waspada.

2. menjaga etika, ketika sendiri kita ingin perjalanan kita itu nyaman dan lancar, sehingga kita jadi bersikap lebih luwes terhadap tata krama, kesopanan dan mau menghormati orang lain.

3. mudah bergaul dengan orang lain, karena kita sendiri jadi otomatis kita harus bicara agar mendapatkan teman. kita bisa menggali topik pembicaraan sesuai lawan bicara kita dan memberi banyak kesempatan untuk bersilaturahmi dengan orang-orang biasa yang kita temui dan kadang kita tak menyangka yang duduk di sebelah kita memiliki cerita-cerita yang mengagumkan.

4. jalan sendiri membuat kita harus berjuang ektra dalam mendapatkan apa yang kita butuhkan, kita jadi mau bertanya dan harus mengandalkan diri sendiri untuk mendapatkan itu semua.

5. kita belajar mengatur diri sendiri, dengan cara itu kita bisa banyak belajar memanfaatkan segala yang kita miliki.

6. lebih religius, kenapa? tempat yang kita tuju begitu asing, kita juga kadang berpikiran mengenai risiko kejahatan yang kita alami, dan biasanya kita percaya berdoa kepada Tuhan menjadi salah satu upaya untuk menghilangkan risiko itu.

7. kita gak mudah mengeluh, mau mengeluh pada siapa selain pada media sosial. apapun yang kita jumpai mengenai keadaan di suatu tempat bisa kita renungkan sendiri, kalau suka yang stay kalau gak suka yang leave dan itu tergantung mau kita.

8.

Nah sekarang saya bahas mengenai jalan-jalan bareng temen yang masih-masih muda kali ya lebih cocoknya dan tergantung temen jalan.

1. kalau dalam satu grup biasanya kita lebih mudah bercanda, ketawa-ketawa gak karuan, ngobrolin mengenai ini-itu.

2. tentu saja kita bisa gantian untuk saling foto bareng temen

3. susah senang bersama sampai perjalanan usai dan kadang ada yang dijadikan leader dan selalu diandalkan dalam segala hal.

4. karena banyak bercanda jadi kadang obrolan atau bercandaan kita berlebihan, atau kita membawa kebiasaan dari suatu tempat ke tempat lain, misal kita bawa kebiasaan kita yang agak bebas berbicara ke kampung yang harus lebih lues dalam berinteraksi.

5. kebanyakan foto bareng jadi kurang menikmati apa yang sebenarnya menjadi wisata.

6. beda kepala dan beda pemikiran kadang juga bisa sampai berantem atau berselisih dan akhirnya musuhan.

7. lebih banyak ngobrol pake bahasa ibu, kalau ke luar negri kan harusnya bisa sambil belajar bahasa orang lain.

8. kurang memperhatikan hal-hal kecil yang berarti besar, misal budaya malu, dll.

masih banyak sih tapi belum kepikiran lagi nih, nanti menyusul ya!!