memikirkan orang lain, tapi belum tentu orang lain.

Jadi pengusaha memang dituntut untuk memiliki jiwa kepemimpinan, whatever about teori, ketika kuliah kami berdiskusi tipe pemimpin seperti apa yang unggul. sometime beberapa tipe itu memiliki keunggulan masing-masing dan bisa saja tipe itu tercipta ketika menghadapi banyak orang di sekitar organisasi/usaha tersebut.

memang seorang pemimpin akan menentukan bagaimana budaya usaha itu selanjutnya, kesabaran benar-benar harus diperlukan dan bagaimana kita mampu memanage emosi dan sikap kita dalam menghadapi berbagai situasi yang akan dihadapi.

saya memang terbentuk untuk menjadi pewaris usaha orang tua, saya merasa ini kehidupan yang harus saya ambil. saya sudah lama turut membantu dan nampaknya itu semua sudah menjadi kebiasaan untuk mulai dijalani sepenuhnya untuk masa depan. bisa saja saya memilih jalan lain dengan membiarkan ocehan orang tua terus terngiang karena saya anak bodoh rela melepas semuanya.

sejauh ini saya belum mau berinovasi banyak dalam usaha orang tua dan masih saja membantu pekerjaan biasanya saja, gejolak hati untuk membentuk diri semakin banyak pengalaman dulu di luar membuat saya masih ragu untuk benar-benar ambisius dalam menjalankan usaha.

memiliki usaha mandiri apalagi kita merupakan seorang pemimpin harus siap berhadapan dengan banyak orang, secara otomatis juga mampu membantu perekonomian orang lain, setidaknya kita membuka lapangan kerja, entah itu impian untuk memperkaya diri sendiri atau bersikap agar mampu membantu orang lain secara otomatis memiliki usaha mandiri mampu melakukan hal itu.

kesiapan mental ketika menghadapi orang lain dengan berbagai latar belakang, dihianati, dimusuhi, dibenci, atau dirugikan adalah suatu hal yang sebenarnya akan banyak dialami.

dalam tulisan ini, poin yang ingin saya ceritakan adalah sesuatu yang sebenarnya banyak orang alami juga, apalagi yang berkecimpung di dunia usaha kecil menengah.

ketika kita setiap hari dipenuhi berbagai masalah dan pemikiran, contohnya saya memikirkan karyawan harus seperti apa? harus bagaimana? tapi karyawan itu sendiri tak mau memikirkan bagaimana orang lain, bahkan cenderung merugikan orang lain.

sebagai gambaran saja, saya memberikan modal untuk berdagang kepada seseorang (bisa dikatakan juga saudara yang tinggal di kampung). dia sering sekali mudik dan sekali mudik bisa sebulanan lebih? lah bagaimana nasib modal saya itu? sedangkan saya sudah mengeluarkan uang banyak. beberapa kali kami beri kesempatan hingga akhirnya kami menyerah dan memintanya untuk tidak perlu datang kembali.

apabila kita memiliki beberapa orang karyawan, bayangkan berapa orang yang akan membuat kita terlibat dengan urusan mereka sendiri sedangkan terkadang urusan diri sendiri dan keluarga sendiri saja masih banyak. kadang bertanya pada diri sendiri “kita begitu memperhatikan orang lain, memikirkan modal buat mereka. akan tetapi mereka? bahkan untuk dirinya sendiri pun lebih baik mereka merusaknya.”

hal seperti ini tentu saja tidak bertanggung jawab dan sudah menyepelekan harta orang lain? apa yang akan dia dapat? kelak memang kerugian akan terus dirasakan sepanjang dia hidup. saya tertarik dengan cerita-cerita semacam itu. jadi saya terkadang mencoba mengikhlaskan dengan tidak mengejarnya, because someday you can get what you plant.

Aku si Bandel

Jam 3 sore aku berangkat dari rumah, dengan menggunakan baju Koko, kopiah dan membawa sarung serta kitab kuning untuk mengaji. aku setiap hari mengaji ke sebuah desa yang cukup jauh dari desaku, ya kami sering berjalan ramai-ramai menuju tempat itu, jadi gak terasa.

ada dua jalan yang biasa kami lalui, pertama melewati rumah penduduk dan yang kedua menyusuri selokan yang mengairi kolam-kolam ikan warga.

aku ingin bercerita kalau aku mau berangkat ngaji melalui jalan selokan. sebenarnya kadang ngeri juga kalau lewat jalan itu apalagi sendirian, banyak pohon bambu yang cukup banyak. apalagi rumah penduduk juga ada di atas. biasanya para penduduk pergi ke kolam ikan untuk mencuci, mandi, melihat kolam, ke sawah dan lainya. ya di desa kami mandi juga di kolam yang airnya mengalir di selokan air, sumbernya ya dari sungai besar. jadi kalau airnya keruh kami pun mandi dengan air keruh, atau kalau punya sumur ya mandi di sumur masing-masing.

tahun lalu aku ketemu beberapa orang yang gak begitu familiar atau aku sudah lupa sama mereka, tapi mereka inget aku dan mengatakan bahwa aku itu paling bandel di antara temen-temen yang lain. aku pikir mereka lupa dan sudah tak mengenalku lagi, tapi mereka masih ingat, iya mereka juga ingat mungkin karena ayahku juga cukup dipandang atas apa yang diraihnya sehingga aku juga jadi diperhatikan.

tapi memang aku akui aku itu bandel banget dan gak bisa diem. aku bahkan sering mengalami beberapa masalah sejak kecil, kadang juga dimarahi sampai menyakiti hati dan membuatku jadi pundung/minder.

kalau melewati selokan itu saya selalu ingin mengambil ikan apa saja, entah itu ikan kecil sekalipun, sampai ikan gabus aku pancing menggunakan peniti atau isi streples kalau kebetulan gak punya kail pancingan. apalagi kalau air di selokan itu surut, wah aku bisa maen di selokan dulu untuk nangkap ikan bareng temen-temen.

aku juga suka ngambil buah-buahan apa saja yang ditemukan di jalan, atau kadang nyuri. hahaha.

nah di dekat masjid tempat pengajianku itu ada sungai kecil, kami harus melewati jembatan bambu dulu. di bawah jembatan itu ada area yang cukup dalam di sungai, tempat itulah yang kami jadikan untuk bermain air. ada juga akar pohon tempat kami lompat untuk nyebur ke air. biasanya berenang dilakukan sebelum ngaji, untungnya pas ngaji gak kerasa cape ya. hahahahaha

di masjid pun aku tak bisa diem, selalu saja kesana kemari, kejar-kejaran sama temen. bahkan ketika film kungfu kid ramai disiarkan di tv, aku bersama temen selalu ikut-ikutan kejar-kejaran dan berlaga maen kungfu.

asik memang kala itu, tapi ya itu tadi aku selalu kena marah dan kadang dicap jadi orang bandel. kadang masalah itu membuat aku down dan tak mau bergaul lagi.

10930876_662059727236187_9043134006177176730_n

I dont know when

I know ALLAH has good time for everything I need, some things will happen if ALLAH has given ways. maybe I was not patient now, I am uneasy with my heart as if want to blow up all. I’ve tried 3 times for toefl test but my result was bad, less from 450 (minimum score that need for WHV).

I have big dream and almost people has, I wanna be part of the best people in the world. may be if I apply WHV and work in Australia, exactly can get much experience. I am hard worker in my home, I help my parents everyday even I rarely hang out with my friends, I love travel but I couldn’t do whenever.

3 times for tested and I paid Rp. 350.000 for 1 times, approximately Rp. 1.000.000 like lost. I could bought books, shirt or anything with that money. ahkkkkkk

I always pray, what can I go? I didnt school at good school, I want to get scholarship but I am not smart. at least I want to work there, get much experience, learn from the ground, I am not confidence with my ability and hope can get there. I am ready for that.

should I work here and keep helping my parent’s business? I want, really want but I more want learn anything before. please ya ALLAH, I am always keep on good track, please give me chance for get much experience will make me different.

Agamaku

orang islamnya sendiri mantengin mereka itu bingung, mau muludan gak ada contoh dari Nabi katanya itu bid’ah, bilang selamat ini itu ampe selamat ultah ngikutin perilaku bukan umat muslim itu juga bid’ah, tahlilan buat yang meninggal gak ada contoh dari Nabi SAW bid’ah, perang di Palestina semua itu karena kekejaman dan kebencian yahudi israel terhadap palestina , presiden iran yang syiah dan kejam banyak membunuh sunni dianggap syiah musuh suni, ngebagus-bagusin makam/kuburan juga bid’ah. KAN PUSING. apalagi bagi umat agama lain yang mungkin kebetulan banyak baca tulisan atau sharingan dalam bentuk apapun yang kurang srek buatnya dan merasa terhina oleh postingan itu.

bagi orang yang berlangganan dengan artikel mereka dan tidak melihat banyak hal dari berbagai sisi akan sangat reaktif dan tersulut emosi dengan berita yang kadang seolah islam ditindas, masalah sosial di masyarakat tak selaras dengan tuntunan islam (menurutnya), kelompok A begini, kelompok B begini, atau alasan lainya sehingga mereka ikut-ikutan menghina ataupun share.

saya lihat website (yang katanya islami) mulai muncul sebagai sumber masalah setelah saat perayaan pemilihan presiden 2014, dimana tokoh-tokoh, partai, website yang berbau islam lebih memilih Prabowo dan banyak menjelekan JOKOWI. semua itu berlanjut sampai sekarang bahkan ketika presiden sudah terpilih, banyak orang yang masih belum terima entah karena presiden JKW terpilih atau yang terhina karena menjelek-jelekan JKW dan akhirnya JKW disebut sama satu frekuensi dengan umat lain selain islam.

orang yang taat agama terutama agama islam yang ditakdirkan adalah agama penutup dan penyempurna tentu bagi yang bener-bener mendalaminya akan menolak segala apapun yang bertolak belakang dengan keimanan dan pemikiranya.
sebagian orang lainya ada yang menjalani kehidupan ini begitu syar’i, sampai-sampai mereka ingin seperti orang-orang arab yang mungkin dia pun belum pernah ke arab. lihat saja banyak wanita menggunakan cadar (kata orang seperti ninja), atau memelihara jenggot, menggunakan celana ngatung, gak pake jeans, setiap ketemu ngucap salam, mau melakukan kegiatan mengucapkan bismilah, sampai jidatnya menghitam karena sering sujud.

bagi saya sih contoh-contoh seperti di atas, gak mesti tahlilan, gak boleh melakukan berbagai perayaan, gak boleh ngucapin selamat, tahlilan dan sebagainya artinya saya gak mesti riweh dengan segala macam hal, ALLAH sudah nyuruh lakuin ibadah yang Nabi sampaikan saja tanpa menambah-nambahkan ya udah berarti gak perlu banyak modal buat ibadah.

ALLAH saja dalam Quran meminta untuk menjelajahi dunia ini agar kita mampu MELIHAT, bagaimana ciptaaNYA yang berbeda, beragam, itu semua demi semata-mata kita belajar dan mempertebal iman kita. bahkan budaya dan agama orang lain hadir karena beraagamnya dunia ini dan semua itu bisa kita lihat untuk kita belajar. kita bisa lihat banyak peninggalan sejarah, bangunan yang ditinggalkan manusia di berbagai negri, bahkan bangunanya tampak maju dan megah, tapi sekarang bisa ditinggalkan oleh manusia bahkan tak berpenghuni, kenapa? mengapa? tentu dibalik itu ada kisah dan itu bisa jadi pembelajaran bagaimana ALLAH mampu melakukan apapun.

islam memang tak toleran seperti agama lain tunjukan, apalagi bagi orang yang fanatik dan benar-benar mendekatkan diri kepadaNYA, sebagian lain berusaha mendoktrin dengan dakwah yang kadang tak mengandung nilai toleran dan lebih terlihat menunjukan agamaNYA paling benar tanpa memperdulikan agama lain yang ada.

saya sendiri beragama belum bagus, bahkan ibadahpun belang-bentong, atau mungkin saya sudah termasuk ke dalam orang liberal, entahlah apa yang orang bilang, bagi orang fanatik saya sempat disebut demikian.

bagi saya kita hidup memang beragam, tapi bagi saya memang banyak hal lain juga diatur bahkan hal-hal sepele dalam islam, yang umat lain lakukan umat islam tidak lakukan seperti mengucapkan selamat ini-itu, bukan berarti tidak toleran. banyak kisah NABI SAW juga yang toleran pada umat lain ketika zamanya, bahkan NABI SAW melindungi umat lain ketika minta bantuan untuk diamankan dengan membayar fidyah, beberapa kasus kebaikan MUSLIM kadang dihianati, begitu juga dengan sahabat NABI yang memenangkan perang, mereka tidak memaksa orang di sekitarnya untuk memeluk agama islam.

setiap orang memiliki pemikiran masing-masing mengenai akidah dan aturan dalam islam bahkan penafsiran pada kitab suci tergantung cara berpikir dan intelektualnya. itulah mengapa ada yang mudah menyebut kafir, setan, ahli neraka, dll.

entah di masa depan apa yang akan terjadi, agama begitu pelik, setiap orang memiliki agama, di zaman sekarang yang segalanya harus toleran semoga bisa dilakukan oleh semua agama dengan mengikuti aturan-aturan agama. kita mengharapkan semuanya DAMAI, ya bagaimana mau damai kalau kita ikutan juga saling sindir atau saling menyakiti dalam urusan agama dan perbedaan.

Cinta tak bisa diterka

Usia 23 tahun, akan lulus kuliah, abis jalan-jalan dari India dan saya bilang bahwa akan menikah di tahun depan (2014). padahal saya tak memiliki kekasih, beberapa orang yang pernah dekat mungkin bisa saya coba, tapi tak begitu cocok setelah menghubunginya kembali.

saya sudah menjomblo berapa tahun, dulu saya pernah menyukai seseorang tapi perasaan itu selalu sementara saja, beberapa kali saya coba mendekati cewek dari saat sekolah menengah sampai kuliah, saya butuh status memiliki pacar, malu rasanya mendapatkan predikat jomblo, sehingga saya berusaha menghindari percakapan tentang suatu hubungan. saya takut saya ini tidak normal, bisa jadi menyukai sesama jenis.

pertanyaanya apakah mungkin saya mendapatkan seorang pacar, dari segi kualifikasiku, beberapa orang di desaku mendekati ayahku bermaksud ingin mendekatkan anaknya, atau sodara-sodaraku juga memberi tahukan pilihan yang kira-kira menarik. saya berpikir bahwa ketika suatu saat saya harus menikah, mungkin akan mudah saya dapatkan dengan keadaan saya saat ini. saya tinggal belajar dan menjadi semakin sukses, mengenai hubungan bisa saja saya membangunya meski tidak terbangun sebelumnya, alias menerima sekalipun dijodohkan.

saya mencari seorang yang tak selalu cantik, yang penting dia memiliki kemampuan banyak dan bisa berkorelasi dengan diriku yang juga hyper aktif (menurutku sih terlalu aktif, rajin). saya menuntut dia yang memiliki banyak kemampuan atau memiliki semangat untuk terus meningkatkan kemampuanya.

saya terus saja bilang akan menikah tahun depan, orang sangat senang mencemooh kejombloan seseorang dengan berbagai sindiran atau kalimat-kalimat di dalam foto.

tak kusangka kami saling mencuri pandang ketika pertama kali saling melihat, kami memiliki rasa keingintahuan lebih dalam satu sama lain, itu saya ketahui ketika sudah mengenalnya dan kami bercerita apa yang kami rasakan saat pertama kali itu.

di sebuah masjid yang ketika itu saya beracakap sebagai perwakilan anak muda mengenai semangat yang harus di bangun oleh generasi muda pada waktu menjelang maulid Nabi.

saya heran dengan beberapa ketidak sengajaan ini, meski tak ada yang kebetulan, tapi rasanya semua itu seolah menyambungkan berbagai benang hingga menjadi searah.

saya akhirnya tahu dia seorang anak dari keluarga yang memiliki kondisi ekonomi kurang, prestasi di sekolahnya tak mampu membuatnya bertahan, hingga banyak orang yang menyayangkan, dia harus berhenti dan mencoba berbagai pekerjaan dan akhirnya dia bekerja di tetanggaku yang baru pindah, dia mengasuh anak majikanya. majikanya sangat sayang padanya, segala fasilitas bisa dia dapatkan.

beberapa hari saya menelponya dan menanyakan apa saja tentangnya. dia sungguh luar biasa, bangun di waktu pagi buta dan tidur di tengah malam, dia mengatakan mengenalku seolah mendapatkan teman yang mampu memotivasinya. setiap hari saya selalu mendorongnya untuk mau belajar banyak hal, saya hanya menyemangatinya saja, semua potensinya secara alami dia miliki.

saya sempat melihat dandananya ketika berjalan akan menjemput anak majikanya, saya sedikit kesel melihat dandananya itu, dia berdalih menjadi diri sendiri, tapi menjadi diri sendiri tak mesti membuat kita terlihat kurang ok.

dia suka menulis, sesuatu yang selalu saya latih juga untuk meningkatkan kemampuanku.

akhirnya dia lulus dari sekolah paket C, saya juga sempat kesal kalau dia tidak meneruskan sekolah lagi, setidaknya ikutan berbagai les juga, tapi saya ingin dia lebih dari itu, sehingga saya memintanya untuk kekeh kuliah, saya tak menghubunginya untuk beberapa saat, bahkan saya terbiasa lagi dengan keseindirian saya, malas untuk menghubunginya, mungkin saya memang tak bisa untuk menjalin hubungan.

dia bukan seorang yang mau menghubungiku duluan, meski normal, tapi kami sudah cukup akrab untuk melakukan itu, tapi dia tetap seperti itu, ada perasaan ingin tapi dia lebih memilih untuk menahanya.

setelah menunggu ijazahnya keluar berbulan-bulan akhirnya dia kuliah juga. dia ambil jurusan ekonomi pembangunan.

ya ALLAH saya takut saya ini tak bisa menjalin hubungan dengan orang lain, bahkan saya tak bisa bergairah seperti orang lain ketika melihat cewek di depan mata langsung jelalatan, saya ingin juga memiliki seorang istri, ingin memiliki anak.
Jodoh ada di tanganMU, semoga Engkau tunjukan siapa jodohku, dan aku berterima kasih karena tak menyangka bisa menemukan gadis baik sepertinya, saya mampu memaklumi dan menerima latar belakangnya. dan kalaupun bukan dia semoga ada gadis baik pula yang akan mendampingiku meneruskan hidup dan berjuan di jalanMU.

AMIN

Gallery kedua Di Chatuchak Market, Thailand

nah semoga kumpulan fotoku di Chatuchak market Thailand ini bisa menambah kreatifitas kita ya!!

10369596_640049846103842_1319659974017661237_n

ini merupakan wewangian aroma terapi dengan berbagai varian jenis sumber wangi

10349088_640049866103840_6609021693846728907_n

dadu-dadu yang cakep

10458325_640049912770502_4249501153736397676_n

551468_640049926103834_357398092305236326_n

figura mengkilap dihiasi beberapa gambar tokoh terkenal

10848062_640050089437151_1218480928060711623_n

dompet-dompet murah meriah dan bagus

10433843_640050169437143_2688072139318384383_n

tas-tas dengan design beda

10406936_640050186103808_5134282247050248971_n

backpack yang keren, bukan?

10868043_640050226103804_5398662835687667114_n

10348445_640050409437119_8895052648277741305_n

kerajinan kayu dan sumpit yang dihias dengan menambahkan nilai tambah sehingga terlihat berbeda dari sekedar sebuah sumpit.

10270492_640050439437116_7801223298308107802_n

10414460_640050482770445_5292833249789675152_n

hiasa dari batok kelapa

10428092_640050516103775_7870920948687531728_n

keranjang pelastik yang cantik, cantik, cantik, cantik.

10849785_640050539437106_6901989291334053152_n

10500574_640050562770437_3899057797733218731_n

coconut ice cream ini benar-benar muantap sekali, paduan berbagai topingnya begitu enak, apalagi kacang merahnya. seharga 30 baht kita bisa masukan toping sepuasnya, tapi batoknya aja kecil jadi agak susah juga.

1891180_640050592770434_6075666701327944131_n

penjual buah yang menarik peratian pengunjung, terlihat bersih dan menyegarkan, bukan? dan benar saja perkiraanku, beberapa menit menyaksikanya sambil makan coconut ice cream, banyak pembeli berdatangan.

1453522_640050636103763_1635711730152025564_n

sarung bantalnya mantap, hiasan-hiasanya itu keren, dan emang mahal juga. top dehk.

1453522_640050659437094_8198855764859935291_n

coba terus topi, gak ada yang cocok, tapi lucu juga nemu beberapa topi yang unik.

10846359_640050732770420_5427286633624540350_n

“hey look these, hahahahah, ok for you 50 baht no 70. these were good ok.” aduh bu emang sih bagus, tapi kan geli juga kalau itu digosok-gosokan.

10390471_640050779437082_5780562785785212178_n

10421406_640050802770413_1027730810761481886_n

1470087_640050852770408_6366754818682896575_n

kepincut sama beberapa rerumputan yang diwarnai, ini di salah satu toko kecantikan herbal. banyak toko-toko yang menjual sabun herbal dan dengan brandnya masing-masing.

10806196_640050932770400_435280543977265550_n

saya beli juga wewangian aroma terapi ini, hehehe di beberapa toko juga lebih murah. cari-cari aja dengan sabar, luas kok pasarnya.

10172707_640050952770398_4467746434147071185_n

gantungan kunci yang bagus-bagus, beberapa toko memiliki banyak barang, seperti toko distributor. nah saya berhenti dan membeli di mereka, saya pun terus menawar si pemuda yang mungkin seumuran saya, dia pekerja dan terus bilang “oh no” ketika tawaran saya begitu murah, saya tawar aja terus. hahaha kasihan juga tapi.

nah segitu dulu ya foto-fotonya, semoga bisa memberikan inspirasi untuk semakin berkreasi.

Chatucak Market gila ya, sumpeh bikin ngiler

Nama Chatuchak sudah terkenal sekali di kalangan turis/traveller/backpacker yang ingin ke Thailand, salah satu tempat yang banyak direkomendasikan. namun baru saya kunjungi ketika perjalanan ketiga kalinya saya ke Bangkok. dulu sih males karena naik MRT juga cukup mahal dan cukup jauh dari area Khaosan Road.

mengunjungi pasar adalah salah satu favorit saya, selain itu di pasar biasanya banyak jajanan murah dan bisa menemukan makanan halal pula. katanya pasar ini juga merupakan the largest market in Thailand, selain itu juga dibuka hanya saat weekdays saja, hari sabtu dan minggu. maybe ini yang membuat pasar ini mampu menyedot banyak pengunjung.

sebelumnya saya juga telah mengunjungi beberapa Mall dan tempat menarik lainya. karena saya akan mengunjungi chatucak market maka saya manahan diri untuk membeli beberapa barang, takut di chatucak lebih murah.

menuju tempat ini saya menggunakan BTS dengan membayar beberapa Bath, kami berhenti persis di dekat gerbang pasar tersebut.

semakin masuk ke dalam area, berbagai produk yang ditawarkan sungguh memanjakan mata dan membuat kita nafsu untuk melihat setiap toko, bagaimana tidak, semua produk terlihat cantik, lucu, unik, berkualitas dan tentu saja murah. gila pasar ini benar-benar keren sekali, pikiran langsung berkecamuk dan berpikir, bagaimana bisa semua barang terlihat indah dan memiliki nilai yang baik. pujian seperti betapa kretifnya orang thailand terus memenuhi kepala.

buku yang terakhir saya baca sebelum pergi saja menjelaskan mengenai berusaha selalu kreatif dalam segala hal, dan saya yang sedang tergila-gila dengan pembentukan diri sampai ingin belajar ini itu, dengan jalan-jalan ke tempat ini bisa jadi menimbulkan kreatifitas yang sangat kaya.

yuk kita lihat bebrepa galery saya, belum bisa saya muat semuanya, karena keterbatasan quota yang saya miliki dan banyaknya foto, sehingga nanti akan saya posting menjadi beberapa page untuk menampilkan galery saya hasil dari kamera baru, hahahahahaha (fujifilm mirorless).

semoga postingan ini bisa menambah ide dan memunculkan kreatifitas kita untuk semakin banyak berkarya lagi, tentu saja juga harus memikirkan nilai-nilai yang unggul untuk penikmatnya. bagi yang belum ke Thailand semoga dapat menginspirasi.

10858399_639467002828793_648571452437058521_n

10805835_639466969495463_6181317528731784593_n

hiasan liontin-liontin dengan corak-corak bagus.

10846091_639466862828807_6379595650749859137_n

10857743_639466886162138_4464348187653834223_n

kerajinan dari kayu ini juga tak kalah bagusnya.

10502430_639466829495477_4341933355330978512_n

cari backpack unik yang berbeda, di sini banyak sekali jenis design kain yang digunakan untuk backpack. bisa menjadi pilihan bagus bagi kamu yang ingin tampil beda dan gak ada yang nyamai di negara sendiri.

10847809_639466782828815_2698817498887023546_n

tas-tas murah seharga 60 bath untuk satu buah, menarik perhatian saya, langsung beli 6.

10850091_639466686162158_8438393145692016016_n

aneka rajutan berbentuk circle smile.

10481166_639466609495499_8602417200056119306_n

kerajinan dari kayu-kayu bercat lapuk tapi menghasilkan produk yang cukup bagus menurutku, kalau di taro di rumahku pasti cepat kusam, jadi bagusnya di taro di rumah yang bersih, dan kalau mau bisa kok bikin sendiri.

10675656_639466526162174_2967602453147736891_n

selembaran informasi mengenai restoran halal, akan tetapi kami tak menemukan tempat itu karena malas buka-buka foto, saya sudah tahu ada banyak resotaran halal di sana, padahal saya ingin sekali makan tom yam halal tapi sayang tak menemukan restoran ini.

1975247_639466502828843_7614831401707122519_n

1459055_639466472828846_5375751449901247237_n

sabuk-sabuk dengan berbagai model yang cantik.

kami berhenti di tukang sabuk karena melihat pedanganya berkerudung, sambil melihat daganganya, saya bertanya adakah restoran makanan halal.

10847932_639466449495515_7342215148433321565_n

ini merupakan hiasan dari kayu berbentuk persegi dengan gambar-gambar yang lagi ngetrend saat ini dan terlihat klasik.

ok segitu dulu ya foto-fotonya, nanti akan saya posting lagi foto yang semoga saja bisa menginspirasi kita semua untuk semakin kreatif.

terima kasih telah berkunjung