Kuliah di Luar negri OZ

setelah gue merasakan enaknya tinggal di Australia dengan work and holiday visa. kembali lah ke Kota Darwin menggunakan student visa. ini salah satu cara yang legal. ternyata asal semua syarat terpenuhi sih lancar aja.

kuliah masak untuk dapat sertifikat sebagai tukang masak dibutuhkan 1 tahun kuliah. untuk apa? banyak orang dari berbagai negara menjadikan kuliah sebagai batu loncatan tinggal di berbagai negara yang mereka rasa jauh lebih baik dari negaranya. pun ausi.

kamu akan ketemu manusia dengan berbagai citizhenship ada di negara ini. mereka berani mengorbankan ratusan sampai milyaran uang. kebanyakan dari mereka sudah memiliki berbagai status dan bisa hidup lebih lama di negara yang apabila kamu bekerja sebagai tukang cuci piring saja dibayar rata-rata rp. 200,000 per jamnya.

di satu sisi banyak rasa was-was dan takut untuk memutuskan belajar. karena selama belajar itu harus berusaha mencari uang untuk bayar kuliah dan menuhin biaya hidup yang jika diconvert itu nilainya tinggi.

mereka gak mikir bahwa ketika mereka bisa mendapatkan gaji dari pekerjaan di sela-sela kuliah sudah bisa menutup semua biaya, bahkan ada yang bisa nabung, atau malah terus nombokin, but the end of the day mereka tau banget benefit yang bisa diraih.

semakin hari karena info kaya begini semakin banyak. orang juga berani melangkah. begitu juga dengan peraturan, semakin lama dirasa makin sulit dan meningkat. oleh karena itu, jangan ditunda lagi ketika loe udah tau. karena jika loe complain, makan orang lain yang akan ambil kesempatan itu.

secara jelas sih setidaknya seminggu gue masih bisa nabung sejuta dari semua pengeluaran. itu masih dirasa lumayan. karena dalam sebulan masih terkumpul 3-4 juta rupiah.

mungkin loe merasa sayang, karena misalnya gaji loe sebulan 20 juta dan hanya tersisa 3-4 juta doang. padahal ketika loe tinggal di indonesia, bisa nabung 3-4 juta udah bagus banget.

gini loh, lu udah bayar kuliah, biaya hidup yang enak banget (wifi, kamar berAC, jajan di supermarket, bensin, punya mobil, gak macet) ditambah masih bisa nabung 3-4 juta. lumayan lah ya.

gue bukan ngebandingin di negara sendiri. gaji 15 juta perbulan juga gak bakal dapat apa-apa. jadi jangan mikir loe bakal ngeluarin banyak duit pas di ausi. iya terkesan mahal. tapi sejauh ini, gue merasa hidup gue sangat balance. banyak waktu luang..

itu sebagian kecil yang baru gue share setelah sekian lama tidak menulis..

tiap minggu bakal keluar tulisan2 gue ya..

thanks

Leave a comment

noonatjantik

passion, love, and art

Omnduut

Melangkahkan kaki ke mana angin mengarahkan

Free Mind Sound

My Toes in The Sand

TRAVELIFE

pricilyave

AnakBahau

sebuah cerita tentang pengalaman....

RAUN-ROUND

CATATAN ANAK RANTAU

Programmer Muslim

I Wanna Be A programmer Muslim, Ahlul jannah, hafidz Al Quran

Catatan Si Enlik

Happiness is only real when shared

Jomblo Traveller betina

Travelinglah selagi Jomblo - Jomblolah selagi Traveling

Adilkurnia's Journey

A fruitless life is useless life